Bunga tetepok

Bunga tetepok atau Nymphoides indica memang pantas digelari “water snowflake”. Bunga tetepok yang putih kecil berbentuk bintang bagaikan serpihan salju yang tersebar di atas kolam.

bunga tetepok masih satu famili dengan bunga teratai yakni anggota familia Nymphaeaceae. Bersama teratai dan lotus (seroja), bunga tetepok merupakan tumbuhan air yang indah.

Pada peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tahun 2011 ini, bunga tetepok (Nymphoides indica) bahkan ditetapkan sebagai Puspa Nasional 2011, mendampingi katak api(katak darah) sebagai Satwa Nasional 2011. Puspa dan Satwa 2011 ini merupakan ikon dari HCPSN 2011 yang puncaknya akan diperingati besok 5 November.

Bunga tetepok (Nymphoides indica)Bunga tetepok dengan daunnya yang seperti hati

Mengenal Tumbuhan Tetepok. Bunga tetepok dikenal juga sebagai bunga telepok atau telipuk. Bunga tetepok dalam bahasa Inggris dikenal sebagai “water snowflake” karena warna bunganya yang putih mirip ‘serpihan salju’ di kolam. Pun disebut dan “floating hearth” lantaran bentuk daunnya yang seperti hati dan mengambang di permukaan air. Sedangkan nama latin bunga tetepok adalah Nymphoides indica yang mempunyai sinonim Nymphoides humboldtiana dan Nymphoides indicum.

Tumbuhan tetepok merupakan tumbuhan air dari famili Nymphaeaceae. Tanaman tetepok (Nymphoides indica) memiliki akar yang terendam di dalam air. Daunnya berwarna hijau, berbentuk hati, berukuran antara 5-20 cm, dan mengambang di permukaan air. Bunganya kecil berbentuk bintang dengan lima kelopak bunga berwarna putih dengan bagian berwarna kuning di tengahnya. Bunga dari tumbuhan tetepok mencuat di atas permukaan air dengan tangkai antara 2-4 cm.

Tumbuhan yang hidup di air tawar ini tumbuh di berbagai belahan dunia mulai dari Amerika, Eropa hingga Asia termasuk Indonesia. Tumbuhan tetepok atau “water snowflake” atau “floating hearth” atau Nymphoides indica ini termasuk tanaman yang gampang dibudidayakan. Untuk membudidayakan bunga tetepok atau telepok (Nymphoides indica) dapat dengan menggunakan biji atau dengan vegetatif yakni dengan stek daun dan batang yang nantinya akan tumbuh akar.

Tumbuhan Tetepok (Nymphoides indica)Tumbuhan tetepok dengan daun dan bunganya di kolam

Mengingat keindahan dan keunikan bunga dan daun tetepok, telepuk, telepok, water snowflake, floating hearth, atau Nymphoides indica ini serta habitatnya yang tumbuh di air tawar maka pemerintah menetapkan ‘Si Serpihan Salju’ dan ‘Hati Mengambang’ ini sebagai Puspa Nasional 2011.

Klasifikasi ilmiah: Kingdom: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Magnoliopsida; Ordo: Solanales; Famili: Menyanthaceae; Genus: Nymphoides; Spesies: Nymphoides indica (L.) Kuntze

This entry was posted in Bunga, Bunga Nusantara and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a comment